UH-OOH!

The size of your web browser is too small for our website. Please consider resizing it bigger for best browsing experience.


Copyright © 2018 KISFM

Loading..

Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik: Berikut 5 Manfaat Berlari untuk Kesehatan Mental

Lari bisa dibilang menjadi olahraga yang sederhana namun memiliki berbagai manfaat. Mulai dari manfaat untuk kesehatan fisik seperti meningkatkan kapasitas paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga berat badan, meningkatkan kekuatan tulang dan otot, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, lebih dari itu nyatanya berlari memiliki manfaat lain untuk kesehatan mental kita juga loh, Kis Listener! Dengan berlari rutin setiap harinya, nyatanya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mental Kis Listener. Lantas, apa sih manfaat kesehatan mental dari berlari?

BACA JUGA: Mirip Diary: Berikut Manfaat dari Journaling untuk Kesehatan Menta

  1. Menurunkan Tingkat Stres

Dengan banyaknya aktivitas, tanggung jawab, dan beban pikiran dari pekerjaan yang kita lakukan. Rasanya berlari terutama di pagi hari dapat menjadi solusi untuk menurunkan jumlah hormon yang memiliki pengaruh terhadap peningkatan stres, yaitu hormon adrenalin dan kortisol.

Dengan berlari, setidaknya Kis Listener bisa dapat mengelola rasa stres dengan lebih baik. Sehingga, Kis Listener dapat mengurangi risiko depresi yang tentunya memiliki pengaruh terhadap kualitas hidup Kis Listener.

  1. Meningkatkan Mood

Mood swing bisa dibilang menjadi persoalan bagi beberapa orang. Terlebih, dengan banyaknya aktivitas tentunya dapat berpengaruh terhadap suasana hati yang mimiliki kaitan dengan perubahaan mood.

Dengan berlari, Kis Listener dapat meningkatkan suasana hati sekaligus meningkatkan mood Kis Listener. Karena, ketika Kis Listener berlari sirkulasi darah akan berjalan lebih optimal menuju otak. Sehingga, ketika kebutuhan darah dan oksigen sudah terpenuhi dengan baik, maka akan berpengaruh terhadap suasana hati Kis Listener.

BACA JUGA: Bukan Hanya untuk Kecantikan: Berikut Manfaat Skin Care untuk Kesehatan Kulit Wajah 

  1. Membuat Kamu Lebih Produktif

Biasanya ketika sedang tidak ada kegiatan, kita cenderung akan memilih untuk bermalas-malasan, bersantai, dan lain sebagainya. Dengan berlari, setidaknya Kis Listener bisa memaksimalkan waktu senggang untuk melakukan kegiatan yang produktif seperti berolaharaga.

Terlebih, udara pagi yang segar bisa membantu Kis Listener untuk menjadi lebih semangat sekaligus produktif sebelum Kis Listener memulai kegiatan lainnya. Belum lagi, dampak lainnya seperti membuat energi kamu lebih baik sebelum memulai aktivitas lainnya.

  1. Membuat Kamu Makin Percaya Diri 

Dengan keadaan tubuh yang lebih fit tentunya Kis Listener akan lebih percaya diri. Karena, kita akan lebih percaya diri dari sisi fisik maupun mental. Sebab, dengan rutin berolahraga seperti berlari, rasa percaya diri Kis Listener pun akan meningkat.

BACA JUGA: Cedera Terus Berulang-Berulang di Bagian Tubuh yang Sama: Berikut Penjelasan dari dr Ibrahim Agung 

  1. Menghindarikan Kamu dari Anxiety

Berlari tentunya memiliki dampak untuk kualitas tidur Kis Listener. Ketika Kis Listener rutin berlari, kualitas tidur dari Kis Listener tentunya akan jauh lebih baik. Sehingga, ketika kualitas tidur Kis Listener sudah terpenuhi dengan baik, maka suasana hati pun akan menjadi lebih baik. Tentunya, hal ini pun berpengaruh terhadap penurunan gangguan kecemasan atau anxiety.

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, nyatanya berlari pun memiliki manfaat untuk kesehatan mental kita. Sehingga, sesibuk apapun Kis Listener, selalu sempatkan untuk berlari guna menjaga kesehatan fisik dan mental Kis Listener ya! (*/)

(RRY)

 

Berikan Komentar Anda