UH-OOH!

The size of your web browser is too small for our website. Please consider resizing it bigger for best browsing experience.


Copyright © 2018 KISFM

Loading..

Dari Gorengan Sampai Es Buah: 5 Hidangan Ini Wajib Ada di Waktu Berbuka Puasa

Bulan Ramadan merupakan waktu yang dinanti-nantikan oleh umat Muslim di Indonesia. Selain karena dalam bulan ini semua amalan dilipatgandakan, suasana Ramadan sendiri memiliki keunikan tersendiri. Setiap kali memasuki bulan Ramadan, kita akan terlibat dalam berbagai kegiatan khas seperti ngabuburit, buka bersama, dan sahur on the road.

Lebih dari itu, ada kebiasaan khas lainnya yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika berbuka puasa, terutama terkait dengan hidangan yang disajikan. Beberapa hidangan ini menjadi tradisi yang tidak terpisahkan dari berbuka puasa di Indonesia. Apa saja hidangan tersebut?

BACA JUGA: Si Kecil Mulai Masuk Usia 6 Bulan? Berikut Rekomendasi MPASI untuk Si Kecil 

  1. Hidangan Gorengan

Gorengan menjadi hidangan wajib saat berbuka puasa karena selain harganya terjangkau, ada beragam variasi seperti bakwan, tempe, tahu, pisang, dan lainnya. Tekstur kriuk dan rasa gurih dari gorengan membuatnya sangat cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa, terutama disantap dengan cabai atau sambal kacang serta es teh manis.

BACA JUGA: KIS 95.1 Luncurkan Drama Audio Berjudul ‘NGOPI CANTIK’ 

  1. Kolak

Kolak, makanan manis yang terbuat dari pisang, ubi, atau waluh dengan kuah santan dan gula merah, juga menjadi hidangan khas berbuka puasa. Rasa manis alami dari gula merahnya mampu mengembalikan energi setelah berpuasa.

  1. Lontong Isi

Kombinasi lontong isi dengan gorengan menjadi pilihan yang mengenyangkan bagi yang tidak langsung ingin mengonsumsi makanan berat saat berbuka. Lontong isi memiliki berbagai variasi isian seperti sayur-sayuran, daging, oncom, dan lainnya.

  1. Es Buah dan Es Kelapa

Es buah atau es kelapa menjadi minuman wajib saat berbuka puasa. Rasa manis dan segar dari buah-buahan atau air kelapa serta sensasi dinginnya memberikan kesegaran saat dikonsumsi, terutama bagi yang belum ingin makan makanan yang berat.

BACA JUGA: Mudah Lelah Ketika Bekerjaa Saat Berpuasa? Yuk Lakukan 4 Tips Ini!

  1. Kurma

Kurma menjadi buah yang tak terpisahkan dari berbuka puasa di Indonesia. Selain karena menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW, rasa manisnya memberikan rasa kenyang yang cukup saat berbuka puasa.

Kelima hidangan di atas merupakan hidangan wajib saat berbuka puasa bagi masyarakat Indonesia. Namun, penting bagi kita untuk memperhatikan jumlah konsumsi agar tidak kekenyangan karena segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. (*/)

(RRY)

Berikan Komentar Anda